TEKNIK SEARCHING EFEKTIF DI INTERNET

24 Okt 2011 ·

MEMANFAATKAN DUNIA MAYA UNTUK MENAMBAH ILMU PENGETAHUAN DAN KUALITAS PERSONAL

Dr. Richardus Eko Indrajit

“Orang kebanyakan akan mencari data,
Orang pandai akan mencari informasi,
Orang bijaksana akan mencari pengetahuan…”

Dr. Richardus Eko Indrajit

Catatan:
Cara terbaik dan tercepat dalam memahami teknik searching adalah dengan mempraktekkan apa yang ditulis pada masing-masing bagian buku ini secara langsung di internet (learning by doing).

Daftar Isi

1. Teknik SEARCHING Dasar di Internet
1.1. Pendahuluan
1.2. Mesin Pencari Informasi (Search engine)
1.3. Teknik Menyaring Informasi yang Relevan
1.3.1. Filterisasi dengan Simbol Matematika
1.3.2. Filterisasi dengan Simbol Boolean

2. Konsep POWER SEARCHING dan Aplikasinya
2.1. Host Searching
2.2. Generic URL Searching
2.3. Special URL Searching
2.4. Filetype Searching
2.5. Title Searching
2.6. Wildcards Searching

3. Fasilitas Bantuan SEARCHING
3.1. Related Searches
3.2. Clustering
3.3. Find Similar
3.4. Stemming
3.5. Search Within
3.6. Spider Version
3.7. Search by Language
3.8. Page Translation
3.9. Porn Filter

4. Fasilitas dan Fitur ADVANCED SEARCHING
4.1. Google
4.2. Altavista
4.3. Advanced Search pada Situs Lain

5. Contoh Kasus SEARCHING
5.1. Mencari Pusat Informasi Khusus
5.2. Mencari Artikel dan Dokumen Penting
5.3. Mencari Gambar, Lagu, dan Video Menarik
5.4. Mencari Software Gratis
5.5. Mencari Barang-Barang dengan Harga Murah
5.6. Mencari Beasiswa dan Tawaran Riset di Luar Negeri
5.7. Mencari Lowongan Kerja
5.8. Mencari Komunitas Spesifik

Lampiran 1 – Alamat Search engine Terkemuka
Lampiran 2 – Perbandingan Kinerja Search engine
Lampiran 3 – Daftar Situs Advanced Searching
Lampiran 4 – Informasi Bantuan









Bagian Pertama

TEKNIK DASAR SEARCHING
DI INTERNET

Pendahuluan
Keberadaan internet sebagai sebuah jaringan raksasa yang menghubungkan berjuta-juta komputer di dunia tidak saja sekedar berfungsi sebagai medium tukar menukar informasi secara cepat dan murah semata, namun telah menjadi sebuah gudang pengetahuan yang tak ternilai harganya. Dengan berkembangnya kuantitas pemakai komputer dan meningkatnya jumlah pengguna internet, maka nilai manfaat dari internet sebagai pusat ilmu pengetahuan pun bertambah secara eksponensial. Namun sayangnya, kebanyakan dari mereka yang telah terbiasa berinteraksi di dunia maya rata-rata baru mempergunakan 5-10% dari “kekuatan” internet yang sebenarnya. Hal ini disebabkan karena banyaknya para pengguna internet belum mengetahui teknik “searching” yang tepat dan efektif sehingga yang bersangkutan dapat memperoleh data, informasi, maupun pengetahuan yang relevan dengan apa yang dibutuhkannya, terutama dalam usahanya untuk mengembangkan diri dan mempermudah pekerjaan atau aktivitas sehari-hari.

Buku ini sengaja disusun bagi mereka yang tertarik untuk meningkatkan kualitas kehidupannya melalui pemanfaatan segudang pengetahuan yang terdapat di internet. Dengan kata lain, para eksekutif, dosen, pelajar, sekretaris, buruh, dokter, ibu rumah tangga, seniman, tentara, birokrat, politikus, wiraswastawan, maupun profesi lainnya yang ingin mengembangkan dirinya dan meningkatkan kualitas hidupnya secara cepat dan signifikan, buku ini sangat cocok untuk dipakai sebagai pegangan. Tidak ada syarat apapun yang diperlukan untuk dapat memahami buku ini, kecuali yang bersangkutan telah terbiasa menggunakan komputer dan internet (menjalankan aplikasi “browser” semacam Internet Explorer atau Netscape).


Mesin Pencari Informasi (Search engine)
Satu-satunya alat atau fasilitas yang dipergunakan untuk mengeksplorasi berbagai data, informasi, dan pengetahuan yang ada di internet adalah mesin pencari atau yang biasa disebut sebagai “Search engine”. Search engine adalah sebuah program yang dapat diakses melalui internet yang berfungsi untuk membantu pengguna komputer dalam mencari berbagai hal yang ingin diketahuinya. Di internet, terdapat ratusan bahkan ribuan search engine yang dapat diakses secara cuma-cuma. Karena sifatnya sebagai pintu gerbang bagi para pengguna sebelum memasuki situs (website) yang diinginkan, banyak yang menyebut search engine sebagai portal (bandingkan dengan fungsi portal di dunia nyata, yang kerap ditemui di pintu masuk ke sebuah kompleks perumahan).

Dari berbagai search engine yang ada, yang paling populer diantaranya adalah: Google, Yahoo, dan Altavista (penulis menganjurkan agar para pemula mempergunakan Google untuk latihan melakukan teknik pencarian). Melalui aplikasi browsing semacam Internet Explorer atau Netscape, ketiga mesin pencari ini dapat diakses melalui alamat: www.google.com, www.yahoo.com, dan www.altavista .com. Gambar berikut memperlihatkan contoh tampilan sebuah search engine HotBot.



Lampiran 1 memperlihatkan daftar search engine terkemuka lainnya yang ada di internet. Walaupun kurang lebih memiliki fungsi yang sama, setiap search engine memiliki karakteristiknya masing-masing. Contoh-contoh hal yang membedakan antara satu search engine dengan yang lainnya adalah: kecepatan pencarian, ketepatan informasi, kuantitas situs yang dicari, teknik pencarian, format hasil pencarian, dan lain sebagainya.

Lampiran 2 memperlihatkan daftar alamat situs yang berisi artikel mengenai perbandingan kinerja masing-masing search engine, lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya.


Anatomi Search engine
Setiap search engine pasti memiliki sebuah fasilitas dimana para pemakai internet (netter) dapat mengetikkan kata kunci yang akan menjadi referensi pencarian. Cobalah mengetikkan sebuah kata (searching key) pada kotak kosong tersebut, misalnya:

indonesia

seperti yang diperlihatkan pada search engine Altavista berikut ini.



Jika tombol “search” dipilih, maka aplikasi search engine akan mencari di seluruh komputer yang terhubung ke internet, berbagai jenis data baik dalam bentuk dokumen, gambar, audio, maupun video yang di dalamnya terdapat teks bertuliskan kata “indonesia”. Terlihat dari informasi hasil pencarian tersebut bahwa Altavista menemukan ada sekitar 1,789,594 artikel atau pun dokumen (dalam bentuk beragam format) yang terdapat kata “indonesia” di dalamnya. Tentu saja angka ini akan terus bertambah dari hari ke hari sejalan dengan bertambahnya jumlah file yang diletakkan pada komputer yang terhubung ke internet.

Yang ditampilkan oleh search engine adalah link (alamat) keseluruhan situs yang berhubungan dengan hasil dari pencarian terhadap kata “indonesia” tersebut. Seorang netter tinggal meng-click salah satu link yang ada untuk dapat mengakses dokumen yang dimaksud.



Sebagai catatan, tidak semua search engine hasilnya akan langsung mengarah ke situs yang bersangkutan. Yahoo misalnya memiliki hasil dimana keseluruhan situs yang ada digolongkan dahulu menjadi beberapa kategori (sistem index). Sistem kategori ini dipergunakan untuk membantu netter dalam menentukan informasi mengenai “indonesia” yang paling relevan dengan yang diinginkannya. Karena bisa saja berbeda netter berbeda kebutuhannya. Contohnya adalah seorang netter yang ingin mencari informasi mengenai profil negara Indonesia, maka yang bersangkutan akan dapat menemukan situs yang relevan di bawah kategori “location”; sementara netter yang lain yang ingin mencari berita-berita politik sehubungan dengan negara Indonesia akan dapat memperolehnya pada situs-situs di bawah kategori “news and media”.




Teknik Menyaring Informasi yang Relevan
Sedemikian banyaknya kuantitas informasi yang terdapat di internet menyebabkan terjadinya fenomena “information overloaded” (banjir informasi yang tak terkendali). Tengoklah bagaimana seseorang yang ingin mencari informasi dengan kata kunci “toyota” akan terlihat bingung karena hasil pencarian menunjukkan adanya jutaan situs yang berkaitan dengan kata tersebut. Tentu saja harus ada teknik yang dipergunakan untuk dapat mencari informasi yang relevan dengan yang dimaksud. Ada dua teknik dasar yang biasa dipergunakan, yaitu dengan menggunakan simbol-simbol matematika dan simbol-simbol boolean.


Filterisasi dengan Simbol Matematika
Simbol pertama yang sangat berguna untuk dipakai adalah tanda plus (+). Tanda plus dipergunakan jika seorang netter ingin mencari berbagai dokumen dengan kata kunci lebih dari satu. Contohnya adalah seorang guru yang ingin mencari informasi mengenai profil penduduk di propinsi Riau, maka yang bersangkutan dapat mencarinya dengan menggunakan kata kunci:

+profil +penduduk +aceh

Yang dilakukan oleh mesin pencari jika menemukan format semacam ini adalah mencari berbagai sumber dokumen maupun artikel yang ada di seluruh internet dimana di dalamnya terdapat kata “profil”, “penduduk”, dan “aceh”. Jika terdapat sebuah dokumen yang mengandung salah satu atau dua kata yang ada, maka yang bersangkutan tidak akan ditampilkan.

Dari hasil pencarian melalui search engine Google terlihat bagaimana hasil pencarian terlihat lebih fokus menuju apa yang diinginkan guru tersebut. Cara mencari seperti ini tentu saja jauh lebih efektif dibandingkan dengan hanya menggunakan kata “aceh” atau “profil” saja yang dapat menampilkan jutaan situs sebagai hasilnya. Simbol “+” ini dapat dipergunakan sebanyak-banyaknya, karena prinsip yang kerap dipergunakan dalam melakukan searching adalah bahwa semakin spesifik yang dicari (semakin banyak menggunakan tanda “+”) akan semakin baik, karena search engine akan lebih fokus melakukan pencarian.


Contohnya adalah seorang olahragawan yang ingin mengetahui nama-nama pemain basket dari team Boston Celtics di tahun 1970, maka yang bersangkutan dapat menemukan informasi terkait dengan memakai searching key sebagai berikut:

+boston +celtics +basket +player +name +1970

Simbol lainnya yang sering dipergunakan mendampingi “+” adalah simbol minus (-). Untuk mudahnya, simbol tersebut dapat dibaca sebagai “kecuali”. Contoh penggunaannya adalah sebagai berikut. Misalnya seorang pelajar ingin mencari beasiswa untuk melanjutkan studi master di luar negeri, namun yang bersangkutan tidak mau pergi ke Singapura maupun Australia; maka yang bersangkutan dapat melakukan pencarian dengan cara sebagai berikut:



+master +degree +scholarship +abroad –singapore
–australia

Dengan format di atas maka search engine yang bersangkutan akan mencari di internet seluruh dokumen yang mengandung teks “master”, “degree”, “scholarship”, dan “abroad” namun tidak terdapat kata “Singapore” maupun “Australia” di dalamnya.

Satu simbol lagi yang kerap dipakai mendampingi plus dan minus adalah simbol multiplikasi yang direpresentasikan dengan tanda kutip (“). Simbol ini dapat membantu netter untuk semakin memperkecil atau memfokuskan pencarian ke hal yang benar-benar diinginkan. Yang dilakukan oleh tanda kutip adalah memerintahkan search engine untuk mencari dokumen atau informasi yang mengandung teks persis seperti yang ada di dalam tanda kutip terkait. Perhatikanlah contoh searching key sebagai berikut:

“persatuan indonesia”

Berdasarkan perintah tersebut, mesin pencari akan mencari seluruh dokumen di internet yang mengandung frase “persatuan indonesia”. Jika sebuah dokumen hanya mengandung kata “persatuan” atau “indonesia” saja, maka dokumen tersebut tidak akan ditampilkan. Walaupun terlihat sederhana, tanda kutip ini sebenarnya sangat ampuh jika dipergunakan dengan benar. Contohnya adalah seorang instruktur yang ingin mengetahui definisi dari internet. Dari pada menggunakan searching key:

+definisi +internet

yang akan menghasilkan cukup banyak temuan, maka yang bersangkutan lebih baik menggunakan simbol tanda kutip sebagai berikut:

“definisi internet”

Tanda kutip ini sering kali membuat orang terkesima karena tanpa disangka biasanya hal-hal yang nampaknya teramat sangat spesifik ternyata dapat ditemukan di internet. Contohnya adalah seorang rohaniwan yang ingin tahu siapa sebenarnya Socrates dapat mencarinya dengan menggunakan frase semacam:

“who is socrates”

yang akan menghasilkan temuan seperti di bawah ini melalui search engine Excite.

Ketiga simbol matematika tersebut jika digabungkan akan menjadi sebuah alat pencari yang ampuh. Seorang ibu rumah tangga yang ingin mencari resep cara membuat pizza seperti yang kerap dibuat orang Italia di negerinya dan tidak ingin seperti yang ditawarkan oleh restauran semacam Pizza Hut dapat menggunakan searching key sebagai berikut:

+recipe +pizza +”ala italy” –“Pizza Hut”

Demikian pula seorang manajer yang ingin mencari harga handphone Nokia tipe 9210 yang dijual di luar pasar Indonesia dapat menggunakan searching key sebagai berikut:

+”Nokia 9210” +price –indonesia



Ada satu hal yang patut dicatat sehubungan dengan teknik pencarian. Jika netter menggunakan tanda spasi yang memisahkan antara kata-kata yang ada, maka spasi tersebut dapat dibaca sebagai “atau”. Contohnya adalah pencarian dengan searching key:

mata ikan

berarti akan menghasilkan daftar dokumen yang didalamnya terdapat kata “mata”, kata “ikan”, atau keduanya. Pada kenyataannya, ada sebagian kecil search engine yang tidak mengenal satu atau lebih simbol matematika seperti yang dijelaskan di atas. Berikut adalah tabel yang memperlihatkan search engine mana saja yang bekerja berdasarkan simbol-simbol matematika seperti yang dijelaskan.

Command How Supported By
Include
Term + All but LookSmart
(Does work for LookSmart's Inktomi results)
Exclude
Term - All but LookSmart
(Does work for LookSmart's Inktomi results.
Also, will not work for preprogrammed results
to popular queries at MSN Search)
Phrase " " All but
Direct Hit, LookSmart, MSN Search
(Does work for LookSmart's Inktomi results. At
MSN Search, unpredictable about when it works)
Match
Any
Term Auto AltaVista, Direct Hit, Excite, LookSmart
Not yet updated, but may be still correct:
Netscape, Yahoo, GoTo
adv. search
page AllTheWeb, AOL Search, Google
HotBot, Lycos, MSN Search
Other Northern Light (use OR)
Match
All
Terms Auto AllTheWeb, AOL Search, Google, HotBot, Lycos,
MSN, Northern Light
Other Can usually be done with + symbol or adv. search page


Filterisasi dengan Simbol Boolean
Simbol-simbol boolean banyak dipergunakan oleh mereka yang memiliki latar belakang ilmu komputer atau terbiasa dengan cara mengakses sistem basis data (database) konvensional. Secara garis besar, beberapa simbol boolean yang penting-penting (yang oleh beberapa kalangan dinilai sudah terlalu kuno dan ketinggalan jaman) sebenarnya sudah terwakili dengan simbol-simbol matematika seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Kelebihan dari simbol boolean adalah dapat merepresentasikan jenis pencarian yang tergolong kompleks karena adanya simbol-simbol tambahan. Berikut adalah beberapa simbol penting yang kerap dipergunakan oleh para netter untuk membantu proses pencarian.

Simbol pertama adalah penggunaan kata OR (mengandung pengertian “atau” dalam bahasa Indonesia). Simbol ini bekerja dengan cara yang sama dengan karakter spasi pada simbol matematika. Jika seseorang melakukan pencarian dengan searching key sebagai berikut:

kepulauan OR nusantara

maka search engine akan mencari seluruh dokumen yang mengandung kata “kepulauan”, atau “nusantara”, atau yang mengandung kedua kata tersebut.



Di dalam satu event pencarian, sebuah kata OR dapat dipergunakan beberapa kali, seperti:

raja OR presiden OR pemimpin OR dinasti

yang akan menampilkan daftar dokumen yang memiliki satu atau lebih dari kata-kata “raja”, “presiden”, “pemimpin”, atau “dinasti” (termasuk kombinasi antara 2-4 kata tersebut).

Simbol berikutnya yang memiliki fungsi kurang lebih sama dengan tanda plus pada simbol matematika adalah AND, yang dapat diterjemahkan sebagai kata “dan” di dalam bahasa Indonesia. Contoh dari penggunaan simbol ini adalah sebagai berikut:

partai AND agama AND indonesia

akan mencari seluruh dokumen di internet yang di dalamnya terkandung tiga buah kata, yaitu “partai”, “agama”, dan “indonesia”.

Jika di dalam model simbol matematika terdapat tanda minus (untuk merepresentasikan kecuali), maka dalam model simbol boolean terdapat sebuah kata NOT untuk merepresentasikan hal yang serupa. Jadi jika seorang netter ingin mencari seluruh dokumen yang berhubungan dengan informasi populasi di Pulau Jawa tetapi tidak ingin mengikutsertakan kota Surabaya, maka dapat dipergunakan perintah sebagai berikut:

populasi AND pulau AND jawa NOT surabaya

Sebuah perintah dalam metode simbol boolean yang tidak diketemukan dalam simbol matematika adalah NEAR yang memiliki fungsi cukup unik. Untuk mendapatkan gambaran mengenai fungsi simbol ini dapat dilihat contoh berikut:

mahasiswa NEAR kampus

Perintah di atas akan menginstruksikan search engine untuk mencari dokumen yang mengandung kata “mahasiswa” dan “kampus” dimana jarak (jumlah kata di antara kedua kata tersebut) berdekatan. Dengan kata lain, search engine akan mencari dokumen dengan contoh kalimat sebagai berikut: “mahasiswa Trisakti menggelar mimbar bebas di kampus” atau “seorang mahasiswa diketemukan tewas di kampus” atau “mahasiswa kampus Atmajaya melakukan kegiatan sosial” karena jarak kata “mahasiswa” dan “kampus” relatif berdekatan. Kriteria berdekatan untuk masing-masing search engine biasanya berbeda. Contohnya Altavista memberikan kriteria paling banyak jaraknya adalah 10 kata, sementara Lycos menggunakan kriteria 25 kata. Bahkan AOL memiliki perintah khusus yang mengijinkan netter untuk menetapkan maksimum jumlah kata yang dimaksud dengan menggunakan simbol “/#” (# mencerminkan maksimum jumlah kata). Contohnya adalah:

flag NEAR/7 star

akan mencari dokumen yang mengandung kata “flag” dan “star” dimana jarak di antara kedua kata tersebut tidak lebih dari 7 kata.


Sebuah simbol lainnya yang sering dipergunakan untuk merepresentasikan sebuah searching key yang kompleks adalah sepasang tanda kurung atau nesting. Fungsi tanda kurung di dalam metode simbol boolean sama seperti fungsi tanda kurung pada mata pelajaran matematika di sekolah, yaitu untuk melakukan isolasi terhadap sebuah perhitungan yang harus didahulukan. Contohnya adalah sebagai berikut:

pahlawan AND (diponegoro OR surapati)

memiliki makna agar search engine terlebih dahulu mencari dokumen yang di dalamnya terdapat kata “diponegoro” atau “surapati” atau keduanya, dan hasil temuan tersebut harus pula mengandung kata “pahlawan”.

Karena di dalam metode boolean dikenal pula hukum distribusi, maka penggunaan tanda kurung jelas mempersingkat penulisan dibandingkan dengan cara lainnya, yaitu:

(pahlawan AND diponegoro) OR (pahlawan AND surapati)

Contoh lainnya adalah seorang mahasiswa jurusan bahasa yang ingin mengetahui definisi kata “bisa” atau “dapat” maka yang bersangkutan dapat mencarinya dengan searching key sebagai berikut:

definisi AND (bisa OR dapat)



Seperti halnya pada metode yang menggunakan simbol matematika, simbol-simbol dalam boolean dapat saling dikombinasikan membentuk sebuah searching key yang kompleks seperti yang dicontohkan berikut ini:

(nusantara OR (majapahit AND sriwijaya)) NEAR khatulistiwa

atau

(indiana NEAR jones) OR (harrison NEAR ford)

atau

((pelangi OR rainbow) AND (color OR warna)) NOT lagu
NOT spektrum

Untuk mengetahui search engine mana saja yang memiliki fasilitas pencarian dengan menggunakan simbol-simbol boolean, tabel berikut dapat dipergunakan sebagai referensi.

Command How Supported By
Or OR AltaVista, AOL Search, Excite, Google,
Inktomi (HotBot, MSN), Lycos, Northern Light
None AllTheWeb, Direct Hit, LookSmart,
Not yet updated, but may be still correct:
Yahoo
And AND AltaVista, AOL Search, Excite,
Inktomi (HotBot, MSN) Lycos, Northern Light
None AllTheWeb, Direct Hit, Google, LookSmart
Not yet updated, but may be still correct:
Yahoo
Not NOT AOL Search, Excite, Inktomi (HotBot),
Lycos, Northern Light
AND NOT AltaVista, Inktomi (MSN)
Not yet updated, but may be still correct:
Netscape
None AllTheWeb, Direct Hit, Google, LookSmart,
Not yet updated, but may be still correct:
Yahoo
Nesting ( ) AltaVista, AOL Search, Excite,
Inktomi (MSN), Northern Light
None AllTheWeb, Direct Hit, Google, Inktomi (HotBot), LookSmart, Lycos
Not yet updated, but may be still correct:
Yahoo
Near NEAR AltaVista (10 words), AOL Search (specify number), Lycos (25 words)
None AllTheWeb, Direct Hit, Google,
Inktomi (HotBot, MSN), LookSmart
Notes
At AltaVista, Boolean only works on advanced search page.
At Excite, Google & MSN, Boolean commands must be in UPPERCASE
At Inktomi-powered services, set menu to "Boolean"









Bagian Kedua

KONSEP POWER SEARCHING
DAN APLIKASINYA


Dengan menguasai berbagai teknik searching seperti yang telah dijelaskan pada Bagian 1, para pemula akan dengan mudah mencari data atau informasi yang diinginkannya. Namun bagi sebagian orang, simbol-simbol yang telah dijelaskan sebelumnya terkadang masih terlampau generik; dalam arti kata masih menghasilkan temuan dokumen atau artikel yang terlampau banyak, belum sesuai atau tepat seperti yang diinginkan. Untuk itulah di dalam teknik searching diperkenalkan beberapa simbol tambahan sebagai sarana dalam mencari berbagai entiti yang lebih kompleks. Teknik ini dikenal sebagai POWER SEARCHING yang tersedia di beberapa jenis search engine. Ada beberapa simbol yang perlu dipelajari oleh para netter agar dapat memperoleh hasil temuan yang lebih akurat. Berikut adalah beberapa di antaranya.


Host Searching
Search engine bekerja dengan cara mencari data atau informasi yang diinginkan di seluruh komputer yang terhubung pada internet. Dan seperti yang diketahui, setiap komputer tersebut memiliki nomor unik tertentu (IP Address) yang berasosiasi dengan sebuah nama domain (domain name). Contoh nama domain yang dimaksud misalnya: cnn.com, valueweb.net, harvard.edu, pln.co.id, atmajaya.ac.id, dan lain sebagainya. Terkadang seseorang ingin mencari informasi di sebuah situs tertentu dan tidak ingin mencarinya di seluruh jagad internet yang ada; maka yang bersangkutan dapat menggunakan sebuah perintah pencarian “host” (atau “site”). Contoh berikut ini, yaitu:

host:detik.com

akan menampilkan seluruh halaman situs yang terdapat atau berasosiasi dengan nama domain www.detik.com (seluruh file-file yang ada di dalam komputer tempat nama domain “detik.com” di-hosting, yang menyangkut halaman pertama situs dan seluruh file-file yang ada di dalam sub-directory terkait). Dari hasil pencarian terlihat bahwa nama domain “detik.com” memiliki 6,808 halaman situs.



Jadi, bila seorang pengacara ingin mencari berbagai berita hukum yang berkaitan dengan kasus korupsi di situs media massa terkemuka semacam www.kompas.com, maka yang bersangkutan dapat melakukannya dengan memakai searching key sebagai berikut:

korupsi host:kompas.com

atau

host:kompas.com korupsi

Dari hasil pencarian terlihat bahwa terdapat kurang lebih 283 artikel yang berhubungan dengan kata “korupsi” pada situs www.kompas.com yang tentu saja akan sangat membantu pengacara tersebut dalam mengumpulkan data maupun informasi yang relevan.



Karena sifat perintah “host” yang pada dasarnya bekerja berdasarkan pembagian segmen nama domain, maka netter dapat dengan leluasa menggunakannya untuk mencari data atau informasi yang relevan dengan keperluannya. Contohnya adalah seorang profesor yang ingin mencari tahu mengenai artikel ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan arsitektur komputer akan menggunakan perintah

+article +”computer architecture” host:edu

karena sufiks “edu” berarti akan memerintahkan search engine untuk membatasi pencarian pada situs-situs perguruan tinggi saja, seperti: Harvard University (www.harvard.edu), Massachusetts Institute of Technology (www.mit.edu), Stanford University (www.stanford.edu), University of California at Los Angeles (www.ucla.edu), dan lain sebagainya.

Demikian pula dengan perintah semacam:

pertanian host:go.id

hanya akan membatasi pencarian terhadap kata “pertanian” pada situs-situs milik pemerintah di negara Indonesia saja.



Simbol matematika minus juga dapat dipergunakan bersama dengan perintah “host” ini. Perintah semacam:

presiden –host:ri.go.id

memiliki arti agar search engine mencari dokumen atau artikel yang mengandung kata “presiden” tetapi bukan berasal dari berbagai artikel atau situs yang terdapat pada host “ri.go.id”.

Ada baiknya bagi mereka yang belum terbiasa mengenal kode pada nama domain untuk mempelajarinya melalui situs http://www .norid.no/domreg.html untuk nama domain bertipe ccTLD (country code Top Level Domain) dan http://www.iana.org/gtld/gtld.htm untuk nama domain bertipe gTLD (generic Top Level Domain).


Generic URL Searching
Beberapa search engine memiliki pula teknik seach yang dibatasi pada URL (Uniform Resource Locator, atau alamat spesifik halaman situs tertentu di internet) terkait. Misalnya di dalam Excite dikenal perintah URL sebagai berikut:

exploration URL:mars.jpl.nasa.gov

memiliki arti bahwa search engine akan berbagai dokumen yang berkaitan dengan kata “exploration” di dalam sebuah alamat unik website “mars.jpl.nasa.gov” saja.

Yang perlu diperhatikan di sini adalah pemakaian perintah URL yang dikombinasikan dengan simbol minus (yang membedakannya pula dengan perintah “host”). Berbeda dengan contoh sebelumnya, searching key semacam:

exploration –URL:nasa.gov

akan memerintahkan search engine untuk mencari seluruh dokumen di internet yang mengandung kata “exploration” kecuali yang terdapat di alamat “nasa.gov”.



Namun semua dokumen yang misalnya terdapat pada alamat “mars.jpl.nasa.gov” tetap akan diikutsertakan (walaupun yang bersangkutan merupakan sub-domain dari “nasa.gov”, namun dokumen terkait tidak persis berada di pada “nasa.gov”). Tapi jika menggunakan perintah sebagai berikut:

exploration +URL:nasa.gov

maka seluruh situs pada sub-domain “nasa.gov” akan ikut, termasuk di dalamnya: mars.jpl.nasa.gov, spacekids.hq .nasa.gov, dan cmes.arc .nasa.gov.


Special URL Searching
Search engine Goggle memiliki dua jenis perintah yang berhubungan dengan URL, masing-masing adalah “allinurl” dan “inurl” (keduanya harus menggunakan huruf kecil). Kedua perintah ini berfungsi untuk mencari apakah kata yang dimaksud terkandung pada alamat-alamat URL tertentu. Misalnya adalah sebagai berikut:

inurl:jakarta

akan menghasilkan berbagai situs yang nama URL-nya mengandung kata “jakarta”, seperti: jakarta.apache.org/, www.indo.com/jakarta/, www.jakarta-hotels.org/, dan lain sebagainya. Jadi perintah:

holiday inurl:jakarta

akan berfungsi memerintahkan search engine untuk mencari berbagai dokumen yang URL-nya mengandung kata jakarta, dimana di dalamnya terkandung kata “holiday”.

Bedanya perintah “inurl” dengan “allinurl” adalah bahwa jika perintah “inurl” akan mencari sampai ke akar terdalam (sampai ke level file), maka “allinurl” hanya akan melakukan pencarian sampai sub direktori terendah saja (tidak mengikutsertakan nama file di bawahnya).





Filetype Searching
Sering sekali para pengguna internet ingin mencari file-file dengan format tertentu di internet untuk di-download. Misalnya adalah seorang manajer yang ingin mencari file-file presentasi Powerpoint (dengan tipe sufiks .ppt) atau seorang peneliti yang ingin mencari file-file artikel Acrobat (dengan tipe sufiks .pdf). Maka yang bersangkutan dapat dengan mudah melakukannya di internet dengan menggunakan perintah “filetype”. Contohnya adalah pada search engine Google. Seorang mahasiswa yang ingin mencari presentasi Powerpoint untuk mata kuliah Manajemen Keuangan dapat menggunakan searching key sebagai berikut:

+management +finance filetype:ppt

maka Google akan menampilkan semua file berinisial .ppt yang ada di seluruh internet yang siap untuk didownload. Dengan mengarahkan cursor mouse pada alamat yang bersangkutan dan meng-click tombol kanan, maka mahasiswa tersebut siap untuk memindahkan file yang ada ke dalam komputernya.







Demikian pula peneliti yang bersangkutan dapat melakukannya dengan menggunakan perintah semacam:

+computer +security filetype:pdf host:edu

akan memperoleh sejumlah file-file Adobe Acrobat yang berinisial akhir .pdf di seluruh situs-situs pendidikan yang ada di internet, dimana di dalamnya terdapat teks “computer” dan “security”.


Title Searching
Setiap halaman situs yang ada di internet memiliki judul atau title yang biasanya dapat dilihat pada bagian kiri atas pada aplikasi browser. Hal ini diakibatkan karena adanya perintah pada HTML semacam:

Michale Jordan Homepage

Tengoklah contoh situs www.rileks.com yang pada halaman utamanya memiliki title: “Rileks.Com: Indonesian Best Entertainment Portal”.



Search engine juga memiliki perintah yang dapat membantu netter dalam melakukan pencarian dengan referensi title pada situs tersebut, yaitu dengan menggunakan kata TITLE.

Contohnya adalah seorang turis yang ingin mengetahui seluk beluk pulau Bali dapat mencari seluruh situs yang berkaitan dengannya melalui searching key sebagai berikut:

TITLE:Bali

Agar yang bersangkutan dapat lebih spesifik lagi bahwa yang dimaksud di dalam pencarian adalah sesuatu yang berhubungan dengan Pulau Bali, bukan semua hal yang berhubungan dengan Bali, maka dapat dipergunakan tanda kutip sebagai berikut:

TITLE:”Pulau Bali”

atau

TITLE:”Bali Island”

atau

Bali TITLE:”Island”

Sebagai catatan, pada search engine terkemuka Yahoo, biasanya istilah tidak dipergunakan perintah TITLE, tetapi hanya disingkat dengan satu huruf T, misalnya:

T:Elephant





Wildcards Searching
Simbol wildcards sering direpresentasikan dengan menggunakan tanda asterisk (*) yang berarti mewakili sederetan huruf bebas. Misalnya pada search engine Altavista diberikan searching key:

maka*

Search engine tersebut akan mencari seluruh situs di internet yang memiliki dokumen atau artikel yang tidak hanya mengandung kata “maka”, tetapi berbagai variasinya seperti “makan”, “makar”, “makah”, “makarska”, dan lain sebagainya.



Jika tanda “*” mewakili beberapa huruf, maka di beberapa search engine terkadang dapat digunakan tanda “?” (question mark) untuk mewakili satu huruf. Misalnya perintah semacam:

tua?

akan memerintahkan search engine untuk mencari seluruh dokumen yang memiliki kata-kata seperti “tuan”, “tuas”, dan “tuak” di dalamnya. Beberapa search engine menggunakan simbol yang berbeda, misalnya pada Northern Light yang lebih memilih tanda “%” dibandingkan dengan “?”, seperti:

oma%

akan menghasilkan seluruh dokumen yang memiliki kata semacam “omar”, “oman”, dan lain sebagainya.



Untuk mengetahui search engine mana saja yang memiliki fasilitas pencarian seperti yang dijelaskan pada POWER SEARCH, tabel berikut dapat membantu para netter.

Command How Supported By
Title Search title: AltaVista, Inktomi (HotBot, iWon, MSN),
Northern Light
normal.title: AllTheWeb,
Lycos (for AllTheWeb results only)
allintitle:
intitle: Google
adv. search
page Direct Hit
none AOL, Excite, HotBot, MSN, LookSmart, Lycos
Not yet updated, but may be still correct:
Netscape
other Not yet updated, but may be still correct:
Yahoo (t:)
Site
Search host: AltaVista
site: Excite, Google (Netscape, Yahoo)
url.host: AllTheWeb,
Lycos (for AllTheWeb results only)
domain: Inktomi (HotBot, iWon, LookSmart)
none AOL, Direct Hit, HotBot, LookSmart, Lycos, MSN, Netscape, Northern Light, Open Directory, Yahoo
URL Search url: AltaVista, Excite, Northern Light
url.all: AllTheWeb,
Lycos (for AllTheWeb results only)
allinurl:
inurl: Google
originurl: Inktomi
(AOL, GoTo, HotBot)
u: Yahoo
none AOL, Direct Hit, HotBot, LookSmart, MSN
Not yet updated, but may be still correct:
Open Directory
Link Search link: AltaVista, Google, Northern Light
linkdomain: Inktomi (AOL, HotBot, iWon, MSN)
(NOTE: measures links to entire domains)
link.all: AllTheWeb,
Lycos (for AllTheWeb results only)
none AOL, Direct Hit, Excite, HotBot, LookSmart,
Northern Light
Not yet updated, but may be still correct:
Netscape, Yahoo (n/a)
Wildcard * AltaVista, Inktomi (iWon), Northern Light
Not yet updated, but may be still correct:
Yahoo
? AOL Search, Inktomi (iWon)
% Northern Light
none AllTheWeb, Direct Hit, Excite, Google, HotBot, LookSmart, Lycos, MSN
(MSN's help says it offers wildcard,
but it failed to during testing)
Anchor Search anchor: AltaVista
None AllTheWeb, AOL Search, Direct Hit, Excite, Google, Inktomi, HotBot, Lycos








Bagian Ketiga

FASILITAS BANTUAN
SEARCHING



Hampir semua search engine memiliki berbagai fitur untuk membantu netter dalam melakukan pencarian secara lebih fokus, karena sering kali walaupun telah menggunakan berbagai simbol yang ada, masih banyak saja hasil yang ditampilkan (atau justru semakin selektif sehingga tidak ada satu dokumen pun yang terjaring), atau berbagai masalah lain yang sering dihadapi oleh netter.

Ada beberapa fasilitas umum yang sering diadopsi oleh sejumlah search engine seperti yang diperlihatkan pada tabel berikut.

Feature Offered By
Related Searches AltaVista, AllTheWeb, Excite, HotBot, Lycos, MSN, Yahoo
Not yet updated, but may be still correct:
iWon
Clustering AltaVista, AllTheWeb, Excite, Google,
HotBot, MSN, Northern Light
Find Similar AltaVista, AOL Search, Google
Stemming AOL Search, Direct Hit, HotBot, Inktomi (HotBot, MSN)
Search Within AltaVista, Google, HotBot, Lycos
Spidered Version Google
Search By Language AltaVista, AllTheWeb, Excite, Google,
HotBot, Lycos, MSN, Northern Light
Page Translation AltaVista, Google, Lycos
Porn Filter AltaVista, AllTheWeb, Google
Porn Warning HotBot, MSN, Northern Light


Related Searches
Fasilitas ini biasanya tersedia atau ditampilkan setelah sebuah event pencarian dilakukan. Misalnya pada Yahoo ingin dicari dokumen dengan kata kunci “travel”, maka setelah diketemukan jutaan dokumen di internet, Yahoo akan menyediakan sebuah menu Related Searches sebagai berikut:



yaitu akan menawarkan netter untuk mencari dokumen yang berkaitan dengan hal-hal semacam: air travel, travel agencies, yahoo travel, travel agents, dan travel agency. Berbagai situs juga menyediakan fasilitas yang sama dengan letak icon-nya di tempat yang berbeda seperti yang dijelaskan pada tabel berikut.

Search engine Remarks
AltaVista Displays related searches near the top of the results page, next to the words "Others searched for."
AllTheWeb.com Displays related searches near the top of the results page, next to the words "Narrow your search."
Direct Hit Displays related searches near the top of the results page, under the "Related Searches" heading.
Excite
After performing a search, click on the "Zoom In" button near the search box to see related terms. These will appear in a separate window. Select the related term you want and choose the Search button within the new window. Your search will then be sent to Excite.
HotBot Displays related searches near the top of the results page, under the "People who did this search also searched for" heading.
iWon iWon provides related searches functionality via its Direct Hit listings. See the Using Direct Hit Popularity Results for more about this.
MSN Search Displays related searches in the "Popular Topics" area below the search box, on the results page.
Yahoo At Yahoo, related searches appear at the bottom of its results page, just below the search box.



Clustering
Sering kali dijumpai suatu keadaan dimana sederet hasil pencarian berasal dari sebuah situs yang sama, yang tentu saja bukan seperti yang dikehendaki oleh netter. Setiap search engine biasanya telah memiliki fasilitas otomatis untuk mencegah hal ini terjadi, misalnya di dalam Altavista situs yang sama akan ditandai dengan “masuknya” paragraf (indent) dibandingkan dengan situs lainnya (memperlihatkan bahwa link tersebut sama atau merupakan bagian dari link yang ditampilkan di atasnya).



Teknik tersebut dinamakan sebagai “clustering” dan cara kerjanya berbeda antar search engine seperti yang dijelaskan pada tabel berikut.


Search engine Remarks
AltaVista
AltaVista clusters listings so that no more than two pages per site appear in its results. If a second page from a particular web site is listed, it will be indented under the first page. To see more results from a site, select the "Additional relevant pages from this site" link, if it appears for a particular listing.
AllTheWeb.com
Clustering is on by default and will prevent more than two pages from the same web site from being displayed. It can be overridden by changing the Site Collapsing option on the Search Customization page. You can also view more pages from any particular site listed by selecting the "more hits from" link that follows the listing.
Excite
There is no way to disable clustering at Excite. However, you can see more pages from any particular site listed by selecting the "more from this site" link that follows the listing.
Google Google clusters so that no more than two pages per site appear in its results. If a second page is listed, it will be "indented" under the first page. To see more results from a site, select the "More results from" link that will appear below the second page listed.
HotBot
At HotBot, clustering is on by default. However, it only works within the listings provided by Inktomi. To turn off clustering, go to the advanced search page, then in the "Best Page Only" section, check the "Disable Best Page Only Filter" box. You can also view more pages from any particular site listed by selecting the "See results from this site only" link that follows the listing.
iWon Results are automatically clustered, and this cannot be turned off.
MSN Search Clustering at MSN Search has to be enabled from its advanced search page. Look for the "Show one result per domain" option and select it to start clustering.
Norther Light Northern Light has clustering, and there is no way to turn this off. To see more pages from a site, click on the "More Results" link below the page listing, if it appears.


Find Similar
Pada beberapa search engine terdapat fasilitas dimana untuk beberapa hasil temuan, biasanya ditawarkan sebuah link ke situs lain yang isinya kurang lebih sama dengan dokumen terkait. Pada Google misalnya dapat ditemukan pada setiap frase “Similar pages”.

Ada tiga situs terkemuka yang menyediakan fasilitas semacam ini seperti yang diperlihatkan pada tabel berikut.

Search engine Remarks
AltaVista Click on the "Related pages" link that appears at the bottom of each listing.
AOL Search Click on the "Show me more like this" option that appears at the bottom of each page listed. This takes you to where that page is categorized within the version of the Open Directory that AOL users. That can help you find similar web sites.
Google Click on the "Similar pages" link that appears at the end of each listing.




Stemming
Istilah stemming berhubungan dengan fenomena tata bahasa yang dimiliki oleh berbagai bahasa di dunia. Contohnya adalah di dalam bahasa Inggris. Jika ingin mencari kata yang berhubungan dengan “swim”, tentu saja akan termasuk di dalamnya berbagai bentuk variasinya karena adanya aturan semacam “tense”, “singular or plural”, “noun or verb” dan lain sebagainya; sehingga akan dicari pula dokumen yang mengandung kata semacam “swimming” atau “swims”.



Berikut adalah tabel yang memperlihatkan bagaimana cara kerja masing-masing search engine sehubungan dengan hal tersebut.

Search engine Remarks
Direct Hit Singular and plural forms for words should generally provide the same results (cook versus cooks) and should other ending such as ing (cook versus cooking).
MSN Search This appears to be on permanently, at least for some queries. For example, a search for "run," "runs" and "running" in Oct. 2001 found the same results. Oddly, using the "Enable Stemming" box on MSN Search's advanced search page actually causes no results to appear.
HotBot
Stemming should be on automatically for Direct Hit-powered listings (see Direct Hit, above). For stemming in Inktomi-powered listings, see the Inktomi section, below.
Inktomi Inktomi-powered HotBot, (iWon, MSN Search) provide stemming as an option. To enable it, go to the advanced search pages of each search engine, then
• At HotBot, check the "Enable Word Stemming" box.
• At iWon, enable the "Use word stemming" box.
• At MSN Search, see below.


Search Within
Sering kali setelah melakukan pencarian, hasil yang didapat masih terlampau banyak. Daripada mencoba untuk melakukan pencarian ulang dengan searching key yang baru, beberapa search engine menyediakan fasilitas “Search Within” yang berfungsi untuk mempersempit pilihan yang ada seperti yang diperlihatkan pada situs HotBot di bawah ini. Dengan kata lain, proses pencarian ulang hanya perlu dilakukan dengan melakukan dua kali click, yaitu pada icon “Searce within these results” dan tombol “SEARCH”.




Spidered Version
Fasilitas ini hanya tersedia pada search engine Google dan dapat dengan mudah ditemukan melalui kata “Cached” yang terdapat pada link situs hasil pencarian. Sering kali dijumpai bahwa hasil dari pencarian hanyalah merupakan versi lama dari situs yang sebenarnya, karena mungkin saja search engine terkait sangat jarang melakukan updating terhadap link yang ada. Untuk meyakinkan bahwa situs yang dimaksud benar-benar yang paling mutakhir, maka untuk setiap hasil temuan dapat dicek dengan cara memilih tombol “Cached” terkait.







Search by Language
Hampir semua situs search engine bekerja berdasarkan multi bahasa, artinya yang bersangkutan tidak membedakan bahasa yang dimaksud pada kata kunci. Bagi beberapa orang, hal ini tentu saja merugikan, karena banyak kata-kata tertentu yang ejaannya universal, sehingga hasil pencariannya menjadi terlampau banyak. Untuk mengatasi hal ini, beberapa situs menawarkan implementasi pencarian berdasarkan bahasa tertentu seperti yang dapat dipilih pada menu di halaman pencari. Katakanlah seorang Indonesia yang ingin mencari informasi mengenai “kambing” harus memberitahu bahwa yang dimaksud adalah bahasa Indonesia, bukan bahasa Filipina.




Hasil pencariannya dapat diperlihatkan sebagai berikut.



Tabel berikut memperlihatkan letak dari menu pemilihan bahasa pada berbagai search engine yang ada.

Search engine Remarks
AltaVista Use the drop-down box that appears next to the search box on the home page and results page, to search in a particular language that's offered.
Excite, Google, Lycos Use the advanced search page to search by language at these services.
HotBot Use the drop-down box that appears on the left-hand side on the home page, to search in a particular language that's offered.
MSN Search Use the "Language" drop-down box on the advanced search page to search by language through Inktomi's crawler-based results.
Northern Light Use the "Documents written in: Language" drop-down box on the advanced search page.


Page Translation
Beberapa situs seperti Altavista, Lycos, dan Google menyediakan fasilitas untuk mentranslasikan atau merubah bahasa tampilan (defaultnya adalah bahasa Inggris) ke dalam bahasa lain (lihat kata “Translate” pada setiap hasil temuan).



Dari bahasa Inggris seperti gambar berikut ini:



menjadi bahasa Perancis seperti gambar di bawah ini:


Porn Filter
Salah satu dampak internet yang ditakuti oleh orang tua adalah mudahnya anak-anak belum cukup umur yang dapat mengakses situs-situs berisi materi pornografi. Beberapa situs menyediakan fasilitas untuk mencegah anak-anak mengakses situs-situs pornografi dengan cara mencegah adanya hasil pencarian yang mengarah pada situs-situs terkait. Di search engine Altavista dapat dilakukan dengan mengakses situs http://www.altavista .com/sites/search/ffset sementara pada Lycos dapat dilakukan melalui situs http:// searchguard.lycos.com/. Sementara beberapa search engine semacam AllTheWeb dan LookSmart sudah otomatis melakukan pencegahan tersebut.

Jika terdapat permasalahan dalam melakukan pencarian pada masing-masing situs, dapat memanfaatkan informasi bantuan (Help) yang disediakan oleh masing-masing situs pada alamat yang dapat dilihat pada Lampiran 3.







Bagian Keempat

FASILITAS DAN FITUR
ADVANCED SEARCHING

Beberapa situs search engine terkemuka memiliki fasilitas khusus yang dinamakan sebagai ADVANCED SEARCH. Sebenarnya fasilitas ini bukan diperuntukkan bagi mereka yang telah mahir dalam melakukan berbagai teknik searching, tetapi justru bagi mereka yang “malas” menghafal berbagai simbol yang dipergunakan karena situs terkait menawarkan berbagai fasilitas dan fitur searching yang dapat dikendalikan dengan mudah melalui sistem menu. Berikut adalah beberapa fasilitas yang tersedia pada beberapa search engine.


Google di http://www.google.com/advanced_search
Pada search engine Google, tampilan menu yang dipergunakan terlihat sebagaimana pada gambar berikut ini.




Adapun fasilitas yang disediakan adalah sebagai berikut:

• Find Results memberikan empat kemudahan pencarian terhadap kata, frase, atau kalimat dengan empat kategori, yaitu: “with all of the words”, “with the exact phrase”, “with any of the words”, dan “without the words” yang berfungsi sebagai filter dalam melakukan seleksi terhadap dokumen.
• Language menawarkan batasan pencarian terhadap situs-situs yang ditulis di dalam bahasa tertentu.
• File Format memerintahkan pencarian terhadap file-file khusus yang memiliki initial akhir (sufiks) semacam .doc, .pdf, .ppt, dan lain sebagainya.
• Date membatasi pencarian pada situs-situs yang baru saja dilakukan update untuk beberapa waktu terakhir (misalnya satu bulan terakhir, tiga bulan terakhir, satu tahun terakhir, dan lain sebagainya).
• Occurences memberitahukan dimana saja letak kata, frase, atau kalimat yang dipergunakan sebagai searching key akan dicari di seluruh situs, seperti pada title situs, judul artikel, isi artikel, URL, atau links yang ada pada situs.
• Domains membatasi pencarian pada sebuah alamat domain tertentu, seperti misalnya: situs-situs berinisial “.org”, situs-situs berinisial “.com”, situs-situs pada domain utama “cnn.com”, situs-situs pada sub-domain “das.harvard.edu”, dan lain sebagainya.
• Safe Search untuk mencegah hasil pencarian menunjuk pada situs-situs yang berbau pornografi.

Disamping berbagai fitur di atas, Goggle juga menyediakan fasilitas Page-Specific Search dan Topic-Specific Search untuk membantu memudahkan pencarian. Page-Specific Search akan mencari situs-situs yang memiliki beberapa kesamaan karakteristik dengan sebuah situs tertentu, sementara Topic-Specific Search akan menampilkan beberapa kategori topik yang berkaitan dengan hal yang ingin dicari. Disamping itu untuk tampilan hasil pencarian Google juga menawarkan berapa buah results per halaman akan ditampilkan.


Altavista pada
http://www.altavista.com/sites/search/power
Altavista menyediakan pula fasilitas dan fitur advanced search walaupun tidak sebaik yang ditawarkan oleh Google. Satu-satunya hal yang membedakannya adalah tersedia pilihan batasan pencarian pada situs-situs negara tertentu melalui pilihan REGIONS dan adanya tawaran untuk mencari mencari situs yang diupdate pada jangka waktu tertentu melalui pilihan DATE (by date range).







Advanced Search pada Situs Lain
Pada dasarnya fasilitas advanced search yang ditawarkan situs-situs lain tidak berbeda dengan yang telah dijelaskan. Bahkan hingga saat ini, belum terdapat sistem menu yang selengkap Google (walaupun ada beberapa yang cukup inovatif seperti Northern Light yang menyediakan pilihan pencarian berdasarkan subjek dan jenis dokumen). Alamat situs untuk berbagai search engine yang memiliki fasilitas advanced search tersebut dapat dilihat di Lampiran 4. Sementara gambar-gambar berikut memperlihatkan tampilan awal beberapa dari situs: AllTheWeb, iWon, MSN Search, Northern Light, dan Yahoo.
















Bagian Kelima

CONTOH KASUS
SEARCHING

Kenyataan memperlihatkan bahwa untuk dapat menjadi seorang searcher yang baik dan efektif, “jam terbang” dan kreativitas sangat menentukan, disamping keahlian mengenai teknik melakukan searching seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Untuk memahami hal tersebut ada baiknya melihat beberapa contoh kasus berikut sebagai bahan pijakan bagi para netter agar dapat menjadi seorang searcher yang efektif di internet.


Mencari Pusat Informasi Khusus
Sebagian besar para praktisi internet mengkategorikan search engine sebagai model aplikasi portal, yaitu sebuah jenis situs yang dibangun untuk membantu netter dalam mencari informasi yang dibutuhkan. Di internet sebenarnya terdapat ribuan portal yang masing-masing biasanya mengkonsentrasikan diri pada sebuah bidang atau subjek tertentu (istilah vortal dikenal sebagai portal khusus untuk sebuah domain industri) seperti:

• Portal sparepart untuk kendaraan bermotor;
• Portal karya seni semacam lukisan dan patung;
• Portal buku-buku yang diterbitkan;
• Portal barang-barang elektronik;
• Portal flora dan fauna;
• Portal lembaga-lembaga pendidikan;
• Portal real estate; dan lain sebagainya.

Jelas terlihat bahwa fungsi portal adalah sebagai pusat informasi bagi mereka yang membutuhkan berbagai data yang tersedia di internet. Untuk dapat mencari portal dari sebuah industri, bidang, atau subjek, netter dapat menggunakan teknik pencarian dengan format searching key sebagai berikut:

+otomotif +portal

yang akan mencari portal yang berhubungan dengan otomotif atau

+music +portal

untuk mencari portal yang berkaitan dengan musik.



Karena kebanyakan portal akan memberitahukan identitasnya pada title situs, maka dapat pula dilakukan pencarian dengan searching key sebagai berikut:

portal title:health

Beberapa netter yang kreatif kadang-kadang beruntung jika menggunakan contoh perintah sebagai berikut:

“list of portal” +video

karena yang bersangkutan biasanya mendapatkan sebuah daftar panjang portal yang berhubungan dengan industri video.

Mencari Artikel dan Dokumen Penting
Kebanyakan orang awam mengira bahwa yang hanya dapat dilihat dan dicetak adalah dokumen-dokumen berbasis web seperti yang ditampilkan pada aplikasi browser semacam Internet Explorer atau Netscape. Padahal yang bersangkutan dapat mengakses dan mengambil berbagai file yang terdapat di ribuan bahkan jutaan komputer yang terhubung ke internet. Misalnya adalah seorang pegawai negeri yang ingin mencari presentasi menarik (dalam format Powerpoint yaitu .ppt) mengenai Electronic Government, maka yang bersangkutan tinggal menggunakan searching key sebagai berikut:

+”E-Government” +ppt

Perintah tersebut akan menginstruksikan Google untuk mencari dan menampilkan hasil pencaharian seperti yang ditampilkan pada gambar di bawah ini.



Ada tiga jenis hasil pencarian berkaitan dengan yang diinginkan, yaitu sebagai berikut:

1. Hasil yang dimulai dengan tanda [PPT] berarti langsung menunjuk pada file yang dimaksud, sehingga netter tinggal mengarahkan cursor ke tanda tersebut dan meng-click tombol kanan pada mouse untuk melakukan download (menu “Save Target As”) file Powerpoint yang dimaksud;
2. Hasil yang dimulai dengan tanda [PDF} memiliki arti yang sama, namun file yang dihasilkan adalah file Adobe Acrobat, karena file Powerpoint terkait telah ditransformasikan/ditransfer ke dalam format universal semacam dokumen PDF; dan
3. Hasil yang tidak dimulai dengan tanda [….] yang berarti bahwa netter harus menuju ke link yang bersangkutan terlebih dahulu sebelum dapat melakukan download terhadap file terkait.

Untuk menghindari hasil jenis kedua dan ketiga misalnya, maka seperti yang telah dijelaskan, netter dapat menggunakan perintah “filetype”, yaitu sebagai berikut:

“E-Government” filetype:ppt

Maka akan terlihat bahwa semua hasil yang dikeluarkan adalah yang langsung menunjuk kepada file Powerpoint yang dapat segera di-download.



Dengan mengetahui dua perintah ini, maka banyak sekali yang dapat dilakukan oleh netter. Contohnya adalah seorang sekretaris yang ingin mencari contoh sebuah surat di dalam Microsoft Word yang intinya bagaimana mengekspresikan permohonan maaf yang baik dalam berkorespodensi dapat melakukannya dengan menggunakan searching key sebagai berikut:

+apologize +letter filetype:doc


Mencari Gambar, Audio, dan Video Menarik
Salah satu hal yang menarik dari internet adalah hal-hal yang berkaitan dengan multimedia, terutama bagi kalangan anak-anak muda. Seperti diketahui, selain teks, ada empat jenis format media yang dapat direpresentasikan dalam file-file digital, masing-masing adalah gambar, audio, dan video. Misalkan seorang anak muda ingin sekali mendapatkan gambar dari “Michael Jackson”, maka yang bersangkutan dapat melakukannya secara mudah dengan menggunakan perintah:

+”Michael Jacskon” +jpg

karena file-file gambar biasanya memiliki inisial “.jpg”.

Terlihat dalam tampilan hasil sejumlah link yang mengarah pada berbagai file-file gambar yang dapat dengan mudah diambil dengan cara meng-click tombol kanan pada mouse dan memilih menu “Save Picture As”.

Contoh lain yang lebih kompleks adalah seorang multimedia designer yang mencari gambar Batman tetapi dalam format kartun, maka yang bersangkutan dapat memakai searching key:

+Batman +cartoon +jpg






Atau yang lebih sulit lagi seorang guru taman kanak-kanak yang mencari gambar bayi sedang menangis, maka yang bersangkutan dapat mencarinya dengan searching key:

+”crying baby” +photo

atau

+”crying baby” + picture

dan melakukan download gambar seperti biasa (setelah gambar ditampilkan, download dilakukan dengan cara menekan tombol mouse sebelah kanan).



Hal yang serupa dapat dilakukan pula terhadap file-file audio, misalnya yang berisi lagu-lagu. Katakanlah seorang musikus penggemar lagu-lagu The Beatles ingin mencari file-file MP3 yang dapat didownload dan dijalankan di komputer (misalnya melalui aplikasi Media Player) maupun di MP3 Player (setelah dipindahkan ke Compact Disc); maka yang bersangkutan dapat dengan mudah mencarinya dengan memakan searching key standard seperti:

+Beatles +mp3

Atau untuk meyakinkan bahwa file-file yang bersangkutan dapat secara gratis diperoleh, maka perlu ditambahkan sebuah frase dalam searching key menjadi:

+Beatles +mp3 +”free download”

atau jika ingin mendapatkan lagu tertentu, dapat dipergunakan searching key semacam:

+Beatles +”All My Loving” +mp3 +free +download


Dan setelah file-file yang bersangkutan ditampilkan, proses download dapat dilakukan dengan menekan tombol mouse sebelah kanan dan memilih menu “Save Target As”.

Untuk mencari video, beberapa format dapat dilakukan, misalnya seperti berikut ini:

+Metallica +live +mpeg



Atau dapat pula dilakukan dengan mempergunakan format semacam:

+”Michael Jackson” +”free download” +vcd

atau

+Mozart +composition +mpg

yang diikuti dengan prosedur standard men-download file.


Mencari Software Gratis
Di internet, banyak sekali perangkat lunak semacam aplikasi, sistem operasi, database, game, simulasi, dan lain sebagainya yang ditawarkan secara gratis atau yang lebih dikenal dengan istilah “freeware”. Beberapa orang biasanya langsung menuju ke situs portal software semacam www.download.com untuk melakukannya; padahal sebenarnya banyak sekali software yang tersebar di mana-mana untuk di-download. Contoh kasusnya adalah seorang dosen teknik komputer yang ingin mencari software untuk mensimulasikan mikroprosesor tipe Z80 dapat menemukannya dengan searching key:

+Z80 +simulation +download

atau seorang bendahara organisasi yang ingin mencari aplikasi untuk membantunya mengurusi masalah uang kas kecil (petty cash) dapat melakukannya dengan menggunakan perintah:

+”Petty Cash” +simulation +download

atau

+”Petty Cash” +”free download” +software

atau

+”Petty Cach” +freeware




Mencari Barang-Barang dengan Harga Murah
Di era e-commerce seperti saat ini, mencari barang-barang yang dijual murah di internet merupakan salah satu manfaat yang banyak dicari oleh para netter. Hal ini disebabkan karena banyak sekali dijual barang-barang yang kerap ditemui di dunia nyata dengan harga yang jauh lebih murah. Sebenarnya untuk melakukan pencarian terhadap barang-barang ini cukup mudah, namun banyak kalangan yang jarang menggunakan “kekuatan” yang dimiliki oleh search engine ini. Contoh yang paling klasik adalah seorang manajer yang ingin membeli handphone bertipe Nokia 9210 dengan harga murah dapat menggunakan searching key sebagai berikut:

+”Nokia 9210” +murah

atau

+Nokia +9210 +cheap



atau memanfaatkan nama domain Findlandia sebagai negara asal negara pembuat handphone terkait, yaitu:

+”Nokia 9210” +cheap site:fi

Kata-kata semacam “obral”, “sale”, “cuci gudang”, “unbelivable price” dan lain sebagainya terkadang cukup efektif untuk menggantikan kata “murah”.


Mencari Beasiswa dan Tawaran Riset di Luar Negeri
Adalah impian dari setiap lulusan perguruan tinggi maupun dosen untuk mendapatkan beasiswa di luar negeri baik untuk keperluan studi lanjutan maupun riset. Dengan search engine, tidak mustahil impian tersebut dapat menjadi kenyataan karena tersedia begitu banyaknya kesempatan mendapatkan beasiswa atau biaya riset di seluruh dunia. Contoh yang paling sederhana adalah dengan menggunakan searching key semacam:

+scholarship +”study abroad” +2003

yang artinya adalah mencari lembaga-lembaga yang menawarkan beasiswa untuk belajar di luar negeri pada tahun 2003.



Contoh lain adalah seorang dosen yang mencari kesempatan melakukan riset mengenai nuklir di Amerika, maka yang bersangkutan dapat menggunakan searching key:

+”research grant” +opportunity +nuclear site:edu

Para dosen yang ingin mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi menulis di jurnal-jurnal ilmiah atau konferensi internasional pun dapat dengan mudah mencarinya di internet dengan menggunakan searching key sebagai berikut:

+”call for paper” +”open source” +2004

yang artinya seorang dosen ingin mendapatkan informasi mengenai konferensi internasional mengenai Open Source yang akan diadakan pada tahun 2004.


Mencari Lowongan Kerja
Seperti halnya mencari beasiswa dan riset, mencari lowongan kerja pun sama mudahnya di internet. Cukup dengan menggunakan searching key semacam:

+”lowongan pekerjaan” +”sarjana ekonomi”

untuk lowongan pekerjaan di dalam negeri atau

+”job opportunity” +accounting

untuk lowongan pekerjaan di luar negeri atau

+”job opportunity” site:my

untuk lowongan pekerjaan di negara Malaysia.




Mencari Komunitas Spesifik
Contoh terakhir yang paling banyak dicari oleh para netter adalah mencari berbagai komunitas dengan karakteristik tertentu di internet, misalnya:

• Komunitas penggemar sepak bola Liga Inggris;
• Komunitas ibu-ibu yang memiliki hobby memasak;
• Komunitas pasien penderita penyakit Jantung;
• Komunitas para peternak sapi perah;
• Komunitas orang-orang penggemar kelompok musik Rolling Stones;
• Komunitas musisi dan pencipta lagu-lagu berirama Jazz;
• Komunitas rohaniwan agama tertentu; dan lain sebagainya.

Keberadaan komunitas ini sangat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan karena selain antar anggota dapat saling bertukar menukar data dan informasi, biasanya banyak sekali permasalahan yang dihadapi seseorang mendapatkan jawabannya dari hasil interaksi dengan anggota komunitas. Karena interaksi antar anggota komunitas biasanya dilakukan melalui media semacam electronic mail dan electronic newspapers, maka kata kunci yang kerap efektif untuk dipergunakan dalam mencari sebuah komunitas adalah “mailing list” dan “newsletter”. Contohnya adalah komunitas penggemar penyanyi Madonna dapat dengan mudah mencari kawan “senasib sepenanggungan”-nya di internet dengan menggunakan searching key semacam:

+community +”mailing list” +Madonna

ALAMAT SEARCH ENGINE
TERKEMUKA

AOL Search at http://search.aol.com/
AOL Search allows its members to search across the web and AOL's own content from one place. The "external" version, listed above, does not list AOL content. The main listings for categories and web sites come from the Open Directory (see below). Inktomi (see below) also provides crawler-based results, as backup to the directory information.
AltaVista at www.altavista.com
AltaVista is one of the oldest crawler-based search engines on the web. It has a large index of web pages and a wide range of power searching commands. It also offers news search, shopping search and multimedia search. AltaVista opened in December 1995. It was owned by Digital, then run by Compaq (which purchased Digital in 1998), then spun off into a separate company which is now controlled by CMGI.
Ask Jeeves at www.askjeeves.com
Ask Jeeves is a human-powered search service that aims to direct you to the exact page that answers your question.
Direct Hit at www.directhit.com
Direct Hit measures what people click on in the search results presented at its own site and at its partner sites, such as HotBot. Sites that get clicked on more than others rise higher in Direct Hit's rankings. Thus, the service dubs itself a "popularity engine." Aside from running its own web site, Direct Hit provides the main results which appear at HotBot (see below) and is available as an option to searchers at MSN Search. Direct Hit is owned by Ask Jeeves (above). Some Direct Hit information appears at Ask Jeeves. See the Using Direct Hit Results page to learn more about Direct Hit.
Excite at www.excite.com
Excite offers a medium-sized crawler-based web page index, as well as access to human-powered directory results from LookSmart. Excite was launched in late 1995. It grew quickly in prominence and consumed two of its competitors, Magellan in July 1996, and WebCrawler in November 1996. Magellan was discontinued in April 2001. WebCrawler continues to operate as a separate service, but it provides the same results at the Excite.com site itself.
FAST Search at www.alltheweb.com
FAST Search consistently has one of the largest indexes of the web. FAST also offers large multimedia and mobile/wireless web indexes, available from its site. The site, also known as AllTheWeb.com, is a showcase for FAST's search technologies. FAST's results are provided to numerous portals, including those run by Terra Lycos. FAST Search launched in May 1999.
Google at www.google.com
Google is a top choice for web searchers. It offers the largest collection of web pages of any crawler-based search engine. Google makes heavy use of link analysis as a primary way to rank these pages. This can be especially helpful in finding good sites in response to general searches such as "cars" and "travel," because users across the web have in essence voted for good sites by linking to them. The system works so well that Google has gained wide-spread praise for its high relevancy. Google provides web page search results to a variety of partners, including Yahoo and Netscape Search (see below). Google also provides the ability to search for images, through Usenet discussions and its own version of the Open Directory (see below).
HotBot at www.hotbot.com
HotBot is a favorite among researchers due to its many power searching features. In most cases, HotBot's first page of results comes from the Direct Hit service (see above), and then secondary results come from the Inktomi search engine, which is also used by other services. It gets its directory information from the Open Directory project (see below). HotBot launched in May 1996 as Wired Digital's entry into the search engine market. Lycos purchased Wired Digital in October 1998 and continues to run HotBot as a separate search service.
IWon at http://home.iwon.com
Backed by US television network CBS, iWon has a directory of web sites generated automatically by Inktomi, which also provides its more traditional crawler-based results. iWon gives away daily, weekly and monthly prizes in a marketing model unique among the major services. It launched in Fall 1999.
Inktomi at www.inktomi.com
Originally, there was an Inktomi search engine at UC Berkeley. The creators then formed their own company with the same name and created a new Inktomi index, which was first used to power HotBot. Now the Inktomi index also powers several other services. All of them tap into the same index, though results may be slightly different. This is because Inktomi provides ways for its partners to use a common index yet distinguish themselves. There is no way to query the Inktomi index directly, as it is only made available through Inktomi's partners with whatever filters and ranking tweaks they may apply.
LookSmart at www.looksmart.com
LookSmart is a human-compiled directory of web sites. In addition to being a stand-alone service, LookSmart provides directory results to MSN Search, Excite and many other partners. Inktomi provides LookSmart with search results when a search fails to find a match from among LookSmart's reviews. LookSmart launched independently in October 1996, was backed by Reader's Digest for about a year, and then company executives bought back control of the service.
Lycos at www.lycos.com
Lycos started out as a search engine, depending on listings that came from spidering the web. In April 1999, it shifted to a directory model similar to Yahoo. Its main listings come from the Open Directory project, and then secondary results come from the FAST Search engine. Some Direct Hit results are also used. In October 1998, Lycos acquired the competing HotBot search service, which continues to be run separately.
MSN Search at http://search.msn.com
Microsoft's MSN Search service is a LookSmart-powered directory of web sites, with secondary results that come from Inktomi. RealNames and Direct Hit data is also made available.
Netscape Search at http://search.netscape.com
Netscape Search's results come primarily from the Open Directory and Netscape's own "Smart Browsing" database, which does an excellent job of listing "official" web sites. Secondary results come from Google. At the Netscape Netcenter portal site, other search engines are also featured.
Northern Light at www.northernlight.com
Northern Light is another favorite search engine among researchers. It features a large index of the web, along with the ability to cluster documents by topic. Northern Light also has a set of "special collection" documents that are not readily accessible to search engine spiders. There are documents from thousands of sources, including newswires, magazines and databases. Searching these documents is free, but there is a charge of up to $4 to view them. There is no charge to view documents on the public web -- only for those within the special collection. Northern Light opened to general use in August 1997.
Open Directory at http://dmoz.org
The Open Directory uses volunteer editors to catalog the web. Formerly known as NewHoo, it was launched in June 1998. It was acquired by Netscape in November 1998, and the company pledged that anyone would be able to use information from the directory through an open license arrangement. Netscape itself was the first licensee. Netscape-owner AOL also uses Open Directory information, as does Google and Lycos.
RealNames at www.realnames.com
The RealNames system is meant to be an easier-to-use alternative to the current web site addressing system. Those with RealNames-enabled browsers can enter a word like "Nike" to reach the Nike web site. To date, RealNames has had its biggest success through search engine partnerships. See the Using RealNames Links page for more information about RealNames.
Yahoo at www.yahoo.com
Yahoo is the web's most popular search service and has a well-deserved reputation for helping people find information easily. The secret to Yahoo's success is human beings. It is the largest human-compiled guide to the web, employing about 150 editors in an effort to categorize the web. Yahoo has well over 1 million sites listed. Yahoo also supplements its results with those from Google (beginning in July 2000, when Google takes over from Inktomi). If a search fails to find a match within Yahoo's own listings, then matches from Google are displayed. Google matches also appear after all Yahoo matches have first been shown. Yahoo is the oldest major web site directory, having launched in late 1994.


PERBANDINGAN KINERJA
SEARCH ENGINE

The Wayback Machine: A Web Archives Search Engine
SearchDay, Oct. 30, 2001
http://searchenginewatch.com/searchday/01/sd1030-wayback.html
The Wayback Machine is a phenomenal search engine that contains over 100 terabytes and 10 billion web pages archived from 1996 to the present.
Highlights of Ixquick Metasearch
About Web Search Guide, Oct. 16, 2001
http://websearch.about.com/library/searchtips/bltotd011016.htm
Review of the Ixquick meta search engine, which really should be among your top choices, if you are seeking a meta search tool.
Searching With Latitude
SearchDay, Oct. 1, 2001
http://searchenginewatch.com/searchday/01/sd1001-latitude.html
The Degree Confluence Project is an unusual but intriguing search engine, using latitude and longitude as search keywords.
To Google or to GoTo?
BusinessWeek, Sept. 28, 2001
http://www.businessweek.com/technology/content/sep2001/tc20010928_9469.htm
Writer Heather Green pits Goto against Google and finds that both are good in different situations.
Daypop Searches News and Weblogs Up to the Minute
About.com Web Search Guide, Sept. 17, 2001
http://websearch.about.com/library/searchtips/bltotd010917.htm
Review of the Daypop news search service.
Tasty New Search Engines
About.com Web Search Guide, July 16, 2001
http://websearch.about.com/library/weekly/aa071601a.htm
Review of two new crawler-based search engines, Teoma, which I wrote about last month, and Wisenut, which sounds similar to Teoma and well-worth a look.
RealSearch with Internet Explorer
SearchDay, July 15, 2001
http://searchenginewatch.com/searchday/01/sd0716-realsearch.html
If you're running Internet Explorer, you can forget visiting the home page of the major search engines and directories from now on. Just enter your query into IE's address window, prefaced by the name of the search service you'd like results from, and RealSearch will take care of the rest.
Hang Ten with SurfWax Metasearch
SearchDay, July 10 & 11, 2001
http://searchenginewatch.com/searchday/01/sd0710-surfwax1.html
http://searchenginewatch.com/searchday/01/sd0711-surfwax2.html
SurfWax is a metasearch engine with some powerful advanced features, including the ability to build your own customized gateways into the invisible web. In two parts, with URLs to both parts shown above.
Power Up With New Metasearch Tools
About.com Web Search Guide, July 9, 2001
http://websearch.about.com/library/weekly/aa070901a.htm
Review that covers the advantages of meta searching and some relatively new meta search tools, SurfWax, Vivisimo and qbSearch.
Napster, Gnutella have competition
ZD Net Australia, June 15, 2001
http://www.zdnet.com.au/news/internet/story/0,2000020814,20232639,00.htm
A look at Napster alternatives, focusing on Audiogalaxy.
Search Engine Compares Terms
ResearchBuzz, June 7, 2001
http://www.researchbuzz.com/news/2001/june7june1301.html#searchengine
Review of a tool that lets you compare how many listings appear for different words on various search engines.
Search engines got you frazzled? This freebie searches smarter
ZDNet, April 12, 2001
http://www.zdnet.com/anchordesk/stories/story/0,10738,2707186,00.html
Review of new search companion for your browser called Clicksearch.
Search site stumbles in a key area -- simplicity
Detroit Free Press, April 10, 2001
http://www.freep.com/money/tech/mwend10_20010410.htm
The new version of Copernic's meta search software didn't impress reviewer Mike Wendland.
Searching the Web gets easier with engines that try to read your mind
US News & World Report, April 16, 2001
http://www.usnews.com/usnews/issue/010416/nycu/search.htm
Now Google saves lives! Someone wondering if they were having a heart attack did a search on Google, found a page explaining the symptoms, then got to a hospital for help. Without Google, "I'd be dead today," he's quoted as saying. A look at various search engines, search technology and tips.
iWon: What Value for the Information Professional?
Online, March 2001
http://www.onlineinc.com/onlinemag/OL2001/net3_01.html
Review of the iWon service, from the perspective of the professional researcher.
Don’t Be Shy, Ladies—Google Him!
New York Observer, Jan. 15, 2001
http://www.observer.com/pages/story.asp?ID=3672
Forget "Do You Yahoo?" The question on the dating scene is, "Have you been Googled?" In what sounds like it should be an episode of "Sex And The City," Deborah Schoeneman of the New York Observer explains how checking up on potential dating partners using Google is all the rage. What's your search appeal?
Cache at the End of His Rainbow
Wired News, Jan. 15, 2001
http://www.wired.com/news/business/0,1367,41065,00.html
How Google's caching feature is being used by people to recover missing web sites.
The Old-Fangled Search Engine
Washington Post, Jan. 13, 2001
http://www.washingtonpost.com/wp-dyn/articles/A55132-2001Jan12.html
Search engines have not made libraries and librarians obsolete.
Ask a Librarian, Not Jeeves
Wired, Nov. 24, 2000
http://www.wired.com/news/culture/0,1284,40308,00.html
Libraries are fighting the suggestion that web-based search and answer tools will be their replacements through a new virtual reference desk called the Collaborative Digital Reference Service (http://lcweb.loc.gov/rr/digiref/). The service is not yet live.
Search Engines: PC Magazine Review
PC Magazine, Nov. 15, 2000
http://www.zdnet.com/pcmag/stories/reviews/0,6755,2652815,00.html
Editors Choice awards went to Google and Northern Light in PC Magazine's annual review of search engines. They each were scored as excellent for overall performance. Overall runners-up were Direct Hit, HotBot and Oingo. For "simple search," Google, Northern Light and MSN Search all received top scores.
The Trouble with Search Engines
eCompany, Nov. 10, 2000
http://www.ecompany.com/articles/web/0,1653,8868,00.html
HotLinks, the search guide compiled out of user bookmarks, recently circulated a study showing that it listed important popular sites that traditional human-powered directories missed. Writer Erick Schonfeld put the claim to the test and came back feeling that the traditional services held their own.
Stunt: AskOJ vs. Ask Jeeves
eCompany, October 2000
http://www.ecompany.com/articles/mag/1,1640,7515,00.html
Humorous look comparing questions put to OJ Simpson at the AskOJ.com site versus questions put to Ask Jeeves
Dogpile, The Speaker of the House, and A Little Test
Search Engine Guide, Sept. 18, 2000
http://www.searchengineguide.com/articles/20000918_01.html
Turns out that an aide to the Speaker of the US House of Representatives is a fan of the Dogpile metasearch engine.
At New Breed Of Vertical Search Engines, The Results Are Coming Fast and Few
SatireWire, June 2000
http://www.satirewire.com/news/0006/satire-vearch.html
Perhaps a vertical search engine can be too specialized. This piece pokes fun at the concept.
CNET's Ultimate Guide to Search
CNET, May 31, 2000
http://www.cnet.com/internet/0-3817-7-1922932.html
Comprehensive review from CNET on top search engines, meta search engines, topical search sites, tips and more. Of the search engines tested, Google came out tops for relevancy and tied with Yahoo for tops overall. However, Inktomi gets blamed for the lack of matches at Yahoo yet doesn't get credited for helping MSN Search do well. Inktomi's not to blame in the case. Rather, it's Yahoo's choice not to dig deeply into Inktomi's listings.
Cherry-Picking The Web
The Standard, April 17, 2000
http://www.thestandard.com/article/display/0,1151,14047,00.html
Covers "metabrowse" sites.
Why leave your 'marks online?
Salon, March 28, 2000
http://www.salon.com/tech/feature/2000/03/28/bookmarks/
A look at the growth of online bookmark companies, which failed to make a hit with writer Damien Cave.
The Battle for Pocketbooks and Minds
Washington Post, March 24, 2000
http://www.washingtonpost.com/wp-dyn/articles/A9639-2000Mar24.html
A look at new and existing military portals.
Interview With The Search Engine
FN Wire, March 2000
http://www.satirewire.com/features/satire-jeevesinterview.html
Humor site FN Wire interviews Ask Jeeves -- and I do mean Ask Jeeves -- not someone who works there.
Want to be a Millionaire?
About.com Web Search Guide, Feb. 18, 2000
http://websearch.about.com/internet/websearch/library/weekly/aa021500a.htm
Chris Sherman plays "Who Wants To Be A Millionaire" with some twists on several major search engines. No one wins a million, but Go and AltaVista get pretty close.
Major Sites Hawking Minor's Private
SatireWire, Feb. 14, 2000
http://www.satirewire.com/news/021400/satire-privates.html
A satirical piece that pokes fun at how major search sites take any terms we give them and automatically suggest that we buy books or do other things on our search topic, even if it makes no sense.
Which search engine can make you a millionaire?
Seattle Times, Feb. 6, 2000
http://www.seattletimes.com/news/technology/html98/paul_20000206.html
Another "Who Wants To Be A Millionaire" test, but unfortunately, there's no recap to show which search engine did the best overall.
Want to win $1M? Don't Ask Jeeves
ZDNet, Jan. 22, 2000
http://www.zdnet.com/zdnn/stories/news/0,4586,2425612,00.html
ZDNet puts Ask Jeeves to the Millionaire test. And by the way, it's apparently against the rules for your friend to use anything but their memory.
Reconnaissance Over the Web
Washington Post, Jan. 3, 2000
http://www.washingtonpost.com/wp-dyn/articles/A50295-1999Dec30.html
Review of a new military search engine and searching for military information, in general.
New World of Web Reviews
Internet World, Dec. 1, 1999
http://www.internetworld.com/print/current/content/19991201-reviews.html
A look at the emergence of comparison shopping and product review sites on the web.
Best Search Sites on the Web
PC Magazine, Sept. 20, 1999
http://www.zdnet.com/anchordesk/story/story_3871.html
Yahoo, Northern Light and HotBot take top honors out of the 15 services reviewed.
Web Portals
PC Magazine, Sept. 6, 1999
http://www.zdnet.com/pcmag/stories/reviews/0,6755,2327792,00.html
This review looked specifically at portal features. Yahoo came in tops, with Excite as runner-up.
Search Sites
http://www.zdnet.com/pcmag/stories/reviews/0,6755,2327819,00.html
Search Engine Shoot-Out
Cnet, April 7, 1999
http://home.cnet.com/category/topic/0,10000,0-3817-7-276910,00.html
Cnet tested five major search engines with 20 test queries, then evaluated them by accuracy, along with comments about duplicate and broken links. HotBot took top accuracy honors, followed by Excite. AltaVista and Infoseek tied for third, while pre-Open Directory-powered Lycos came in last.
Search Engine Torture Test
About Web Search Guide, June 4, 1999
http://websearch.miningco.com/library/weekly/aa060499.htm
Chris Sherman tries some common queries on the major search engines to see how they perform. He found Infoseek did best, AltaVista and Excite worst (though Excite got a thumbs-up for its movie results), and Lycos to be good -- as long as you don't mind being rerouted to content within its own site.
Find It on the Web
PC World, June 1999
http://www.pcworld.com/current_issue/article/0,1212,10727+1+0,00.html
Comprehensive summary of major search services and a wide-variety of specialty search tools, plus search utilities and general tips.
If Search Engines Were People
About Web Search Guide, May 21, 1999
http://websearch.about.com/library/weekly/aa052199.htm
Gives a personality to each of the major search engines to help you decide which to choose.
Find it on the Web
PC Magazine, December 1998
http://www.zdnet.com/pcmag/features/websearch98/
PC Magazine's annual survey of search sites. Editors' Choice awards went to Yahoo for simple search, Northern Light for advanced search, Ask Jeeves For Kids for kids' search, and Go2Net/MetaCrawler for metasearch. Honorable mentions went to Google for simple search and HotBot for advanced search. The article is a great round-up of large, small and niche services. I only wish the reviews had been longer, and that the services not selected as top picks had still been rated, somehow.
PC Computing 1998 MVP Awards: Search Engine
PC Computing, December 1998
http://www.zdnet.com/pccomp/mvpawards98/internet-03.html
http://www.zdnet.com/pccomp/mvpawards98/internet-02.html
HotBot took the top honors in the search engine category, while Excite and Yahoo got finalist mentions. Infoseek's Express metasearch software took the MVP for web utility (see second URL).
Web Portals: Home On The Web
PC Magazine, Sept. 1998
http://www.zdnet.com/pcmag/features/webportals/
A review of sites primarily for their portal features, such as free e-mail and home pages, chat, ability to personalize, etc. Excite got Editor's Choice, and honorable mentions went to Yahoo and Microsoft Start. For searchers, of interest are the specific "Directory Search" rankings. These evaluate the hand picked selections at each service. Here, Excite and Yahoo got top marks, with Infoseek, Lycos and AltaVista taking second place. However, since AltaVista's directory is powered by LookSmart, that gives HotBot's LookSmart powered directory and LookSmart itself second place scores, though they weren't included in the review.
The Internet Search-Off
Searcher, Feb. 1998
http://www.infotoday.com/searcher/feb/story1.htm
The Internet Search-Off asked professional researchers to pit traditional services such as DIALOG against web-based services such as AltaVista. In general, it was found that it takes longer to find information using web-based services, and that searches using web-based services are more likely to bring up irrelevant documents.
However, the Search-Off found that web-based services were useful for certain searches, such as gathering product information. It also lists when to use traditional services (for those with access to them) and when to use either.
The Search-Off also revealed interesting statistics regarding the most popular search engines, as rated by professional researchers. AltaVista was by far the favorite, used for 45% of the searches received in the Search-Off. HotBot came in at 20%, and Excite and Infoseek both rated 14%.
Search engine shoot-out: top engines compared
Cnet, Feb. 1998
http://www.cnet.com/Content/Reviews/Compare/Search2/
Cnet gives HotBot top honors, especially for its fresh index. Infoseek ranks second in a photo finish and gets a perfect 5 for accuracy. However, Infoseek may well be entitled to first place. The review gave it a low score for lacking advanced search capabilities, which Infoseek actually has. AltaVista also gets an honorable mention. WebCrawler gets locked out, lumped in with directories, though it has a comparable size to Open Text and is far more up-to-date.
Your Complete Guide To Searching The Web
PC Magazine, Dec. 2, 1997
http://www.zdnet.com/pcmag/features/websearch/_open.htm
An excellent, comprehensive guide to searching the web. Reviews of the major search engines, people finders, metacrawlers and more. Must reading, if you are trying to evaluate various tools. Editors' Choice awards go to HotBot and Yahoo. Other search engines weren't ranked, but Infoseek matches those two in terms of stars awarded in the query tests. WebCrawler also had a strong showing, and Northern Light got a nod as one to watch as it grows. ProFusion and MetaCrawler got Editors' Choice awards for the metacrawler category. One big flaw. Excite got knocked down for bad news search results, while WebCrawler was highly rated for its news search. The two services provide identical results -- they only have a different look and feel.
Powersearch
Internet World, Dec. 1997
http://www.iw.com/print/monthly/1997/12/iwlabs.html
Review of the major search engines, with AltaVista rated tops, followed closely by HotBot, then Infoseek and Northern Light. The review is not online.
1997 PC Computing MVP Awards
PC Computing, Nov. 1997
http://www.zdnet.com/pccomp/features/excl0198/mvp97/internet/default.html
HotBot gets top honors, with Excite and Infoseek named as finalists.
Search engines: The next generation
Network World Fusion, Oct. 20, 1997
http://www.nwfusion.com/news/1020search.html
An interesting look at the emergence of specialty search engines, though it incorrectly calls metacrawlers an emerging tool. Metacrawlers have been around for ages -- there are just more of them, now.
Seek and Ye May Find
Kiplinger Online, Oct. 97
http://www.kiplinger.com/magazine/oct97/teoct97.html
Kiplinger performed two searches, for a wine-related topic, and for a money-related topic, then used the results and other evaluations for a brief review of the search engines. Yahoo and Infoseek were top picks.
Super Search Sites
FamilyPC, Sept. 97
http://www1.zdnet.com/familypc/content/9708/web/index.html
A round up of all the major search sites, with ratings and tips, especially from a family use perspective. Of particular interest is a review of kid-oriented search engines and directories, with comments from the child reviewers: "I searched for Legos and found lots of radical things!" Yahoo and Excite took top scores, followed by Infoseek.
The Right Search Engine
Internet World, Aug. 97
-link to long to display-
2nd Annual Search Engine Shoot-out
PC Computing, Sept. 1997
http://www4.zdnet.com/pccomp/features/excl0997/sear/sear.html
PC Computing yearly look at the search engines. Don't confuse this report with the 2nd Annual PC Computing Search Engine Challenge, below.
Find Anything Online
ComputerLife, August 97
http://www1.zdnet.com/complife/fea/9708/findny47.html
A review of top search tools, with a nice features charts and ratings.
1,001 Internet Tips: Search Engines
PC Computing, July 1997
http://www4.zdnet.com/pccomp/besttips/search.html
Tips about using some of the major search engines.
"Just the Answers, Please:" Choosing a Web Search Service
Searcher Magazine, May 97
http://www.infotoday.com/searcher/may/story3.htm
An excellent rundown on how the search engines fare for searches ranging from the technical to consumer-oriented. A sidebar provides a nice summary of major search engine features and searching tips.
Supercharge Your Web Searches
NetGuide, May 97
http://www.techweb.com/se/directlink.cgi?NTG19970501S0049
Reviews and details of each of the major search engines, which I wrote for NetGuide.
2nd PC Computing Search Engine Challenge
May 9. 1997, Las Vegas, Nevada
http://www4.zdnet.com/pccomp/srchoff/srchoff.html
PC Computing put several search engines to the test at NetWorld+Interop 97 in May. Results are on the Strategic Alliances page, or via the link above.
Rating the Raters
Who's Marketing Online, April 97
http://www.wmo.com/Articles/html/critics.html
An interesting look at review sites, how they rate each other and quality of reviews in terms of freshness or inconsistent praise and criticism.
Send in the search party
The Guardian, March 97
http://go2.guardian.co.uk/archive.html
A journey behind the scenes at Alta Vista. Visit the archive link above and search for the article, as the original link has now changed.
The Internet: Bringing Order from Chaos
Scientific American, March 97
http://www.sciam.com/0397issue/0397intro.html
A series of articles on search engines, heavy on technical issues of improving searching and categorizing. There's a nice sidebar in advances in image searching. Find out how software could identify 43% of the nude photos in a sample collection.
So Many Search Engines. So Little Time
Washington Post, Jan. 97
http://washingtonpost.com/wp-srv/WPlate/1997-01/31/081L-013197-idx.html
IW Labs rates the raters
Internet World, Jan. 97
http://www.internetworld.com/1997/01/iwlabs.html
All-Out Search
PC Magazine, Dec. 96
http://www.pcmagazine.com/
Netsmart: Better, Faster Web Searching
Macworld, Dec. 96
http://www.macworld.com/pages/december.96/Column.2893.html
1st PC Computing Search Engine Challenge
Oct. 11, 1996, Mountain View, California
http://software.infoseek.com/stk/misc/excite/excite.htm
The actual event never occurred, due to Internet problems, so this isn't really a review. Instead, the challenge devolved into a laser tag war between Excite and Infoseek. A quite amusing round-by-round account of that battle, which Excite won, can be found via the link above.
The Search is Over
PC Computing, Sept. 96
http://www.zdnet.com/pccomp/features/fea1096/sub2.html
Search Engines Get Faster, But Not Always Better
PC World, Sept. 96
http://www.pcworld.com/workstyles/online/articles/sep96/1409_engine.html
Search Engine Showdown
Internet World, May 96
http://www.iworld.com/
Seek and Ye Shall Find (Maybe)
Wired, May 96
http://www.hotwired.com/wired/4.05/indexing/
Find It on the Net
PC World, Jan. 96
http://www.pcworld.com/
The Search Engine That Could
PC Computing, Sept. 95
http://www.zdnet.com/pccomp/features/internet/search/


INFORMASI BANTUAN


AltaVista Help
http://help.altavista.com/
AllTheWeb.com Help
http://www.alltheweb.com/help/
AOL Search Help
http://search.aol.com/help/
Direct Hit Help
http://www.directhit.com/help/
Excite Search Help
http://www.excite.com/info/search_help/
Google Help
http://www.google.com/help/
HotBot Help
http://hotbot.lycos.com/help/
LookSmart
LookSmart does not provide help for those searching the directory. This is because LookSmart's site is primarily meant to serve the webmaster audience that wishes to list their site in the results that LookSmart distributes to its partners.
Lycos Search Help
http://help.lycos.com/LycosHelp/help/search/htdocs/search_1_help.htm
GoTo Search Tips
http://www.goto.com/d/about/howto/ht_search.jhtml
iWon Search Tips
http://www.iwon.com/home/search/search_tips/
MSN Help
http://help.msn.com/
Choose the MSN Search link to get search-specific help.
Northern Light Search Help
http://www.northernlight.com/docs/search_help_optimize.html
WebCrawler Help
http://webcrawler.com/Info/
Yahoo: Searching The Web With Yahoo
http://howto.yahoo.com/chapters/7/1.html

DAFTAR SITUS
ADVANCED SEARCHING


AltaVista Search Assistant
http://www.altavista.com/sites/search/power
AltaVista also has another "advanced" page that should only be used if you want to perform Boolean queries.
AllTheWeb.com Advanced Search
http://www.alltheweb.com/advanced
AOL Search Options Page
http://search.aol.com/refine.adp
Direct Hit Advanced Search
http://www.directhit.com/AdvancedSearch.asp
Excite Advanced Web Search
http://www.excite.com/search/advanced
Google
http://www.google.com/advanced_search
HotBot SuperSearch
--link too long to display--
Lycos
http://lycospro.lycos.com/
iWon Advanced Search
http://www.iwon.com/home/search/search_advanced/
MSN Search Advanced
http://search.msn.com/advanced.asp
Northern Light
http://www.northernlight.com/power.html
Yahoo Advanced Search Options
http://search.yahoo.com/search/options

Posting Komentar

Profilku

Blogging Theme dan Web Site Profesional Design

 
Top

Artikel Baidury | Copyright © 2011 All right reserved.
Red Eleganisme Blogger Template | Designed By Baidury